KT-100 trainer jet
KT-100 adalah jet latih baru yang dikembangkan oleh Korea Aerospace
Industries (KAI) untuk memenuhi kebutuhan pelatihan Angkatan Udara
Republik Korea (ROKAF). Pesawat ini adalah varian pesawat pelatih dasar dari pesawat ringan
KC-100 Naraon.
Pesawat baru ini akan menggantikan armada tua dari pesawat Ilyushin T-103
yang beroperasi dengan ROKAF. KT-100 juga diharapkan akan ditawarkan sebagai
paket kepada pelanggan asing.
KT-100 pelatih berhasil melakukan penerbangan pertama di pabrik KAI di
Sacheon Airport, pada bulan Oktober 2015. karakteristik penerbangan secara
keseluruhan dan kinerja peralatan yang dipasang diuji selama penerbangan.
KT-100 pesanan dan pengiriman
KAI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan kementerian
pertahanan dan transportasi dan Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA)
untuk pengiriman pesawat latih dasar KT-100 ke Akademi Angkatan Udara ROK, pada
Mei 2014. Kontrak tersebut diselesaikan pada Desember 2014.
Akademi Angkatan Udara ROK diharapkan untuk memperoleh lebih dari 20
KT-100, bersama dengan simulator penerbangan dan peralatan terkait pada akhir
2016. Induksi KT-100 akan melengkapi pelatih KT-1, T-50 dan TA-50 armada, dan
akan memungkinkan ROKAF untuk melakukan pelatihan kesiapan dasar, lanjutan, dan
tempur dengan pesawat pelatih yang dibangun sendiri.

Desain dan fitur pelatih KT-100
Pesawat KT-100 menggabungkan struktur badan pesawat komposit, yang
menawarkan umur kelelahan yang panjang dan biaya perawatan yang lebih rendah.
Desain aerodinamik sayap rendah mengintegrasikan airfoil aliran sayap dan
sayap, serta ekor konvensional.
Sistem kontrol lingkungan pada KT-100 mencakup sistem pendingin siklus
uap dan sistem pemanas udara. Pesawat ini juga dipasang dengan sistem fluida, serta sistem pendingin udara dan oksigen.
KT-100 memiliki panjang 8m, rentang sayap 11,2m dan tinggi 2,7m. Ini
memiliki berat take-off maksimum 1,63t dan dapat menampung muatan maksimum
sekitar 500kg, sedangkan bobot kosong adalah 1.080kg.
Jet pelatih dapat terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 210k dan
dapat mencapai jarak maksimum 1.000nmi (1.852km).
Kokpit dan avionik
Kokpit modern mengintegrasikan semua sistem instrumen penerbangan
listrik dan kontrol penerbangan mekanis konvensional. Suite avionik terdiri
dari Avidyne dual integrated flight display (IFDs) beresolusi tinggi, data
udara ganda dan sistem referensi heading sikap.
Pesawat ini juga dilengkapi dengan penerima GPS, navigasi VHF digital
penuh dan radio komunikasi, perekam video / suara, dan peralatan identifikasi
teman atau lawan (IFF).
Engine dan roda pendarat KT-100
Pembangkit listrik trainer KT-100 mengintegrasikan satu mesin
TSIOF-550-K yang dipasok oleh Continental Motors. Mesin, dilengkapi dengan
kontrol mesin digital otoritas penuh, menghasilkan tenaga 315hp pada 2.500rpm.
Bahan bakar disuplai oleh sistem terintegrasi yang mencakup tangki
sayap utama 90gal dan tangki kolektor, dengan kapasitas penyimpanan delapan
galon. Sistem tenaga listrik memiliki dua alternator 28V DC dan dua baterai
24/24V.
Roda pendaratan roda tiga konvensional KT-100 terdiri dari roda
pendaratan hidung dan dua unit roda pendaratan utama. Roda pendaratan hidung
dipasang pada penyangga pemasangan engine dan unit pendaratan utama dipasang
pada rusuk masuk sayap. Roda gigi hidung roda tiga konvensional meningkatkan
visibilitas dan distribusi muatan pilot, dan menawarkan kontrol arah selama
pengenaan pajak.
Keterangan Umum :
Jenis
pesawat : Pelatih
Pabrikan :
Industri Dirgantara Korea
Operator
potensial : Angkatan Udara Republik Korea
Penerbangan
perdana : Oktober 2015
No comments:
Post a Comment